فَصْلٌ فِي
مَا وَلاَ وَلاَتَ وَإِنْ الْمُشَبَّهَاتِ بِلَيْسَ
BAB MAA,
LAA, LAATA DAN IN YG BERAMAL SERTI LAISA
PEMGAMALAN “MAA NAFI” DAN SYARAT-SYARATNYA
إِعْمَالَ
لَيْسَ أُعْمِلَتْ مَا دُوْنَ إِنْ مَعَ بَقَا الْنَّفْي وَتَرْتِيْبٍ زُكِنْ
Diamalkan
seperti amal laisa (merofa’kan isimnya dan menashobkan khobarnya) yaitu MAA
NAFI tanpa IN, beserta tetapnya nafi (tanpa illa) dan susunan tertib yg
dimaklumi (mubtada di depan khobar di belakang).
KEBOLEHAM
MA’MUL KHOBAR MAA NAFI DIKEDEPANKAN
وَسَبْقَ
حَرْفِ جَرَ أوْ ظَرْفٍ كَمَا بِي أَنْتَ مَعْنِيًّا أَجَازَ الْعُلَمَا
Mendahulukan
harf jar atau zharaf, seperti halnya contoh: MAA BIY ANTA MA’NIYYAN (kamu
tidaklah perhatian padaku), Ulama membolehkannya.
MA’THUF
DG LAAKIN/BAL PADA KHOBAR MAA NAFI , WAJIB ROFA’
وَرَفْعَ
مَعْطُوْفٍ بِلكِنْ أَوْ بِبَلْ مِنْ بَعْدِ مَنْصُوْبٍ بِمَا الْزَمْ حَيْثُ حَل
Merofa’kan
isim yg diathafkan dg huruf LAAKIN atau BAL setelah isim yg dinashabkan oleh
MAA, hukumilah wajib (wajib rofa’) bagimu sekiranya ini terjadi (contoh: MAA
ZAIDUN QOOIMAN LAAKIN JAALISUN)
TAMBAHAN
BA’ HURUF JAR, PADA KHOBARNYA MAA/LAISA.
وبَعْدَ مَا
وَلَيْسَ جَرَّ الْبَا الْخَبَرْ وَبعَدْ لا ونَفْي كَانَ قَد يجر
Setelah MAA dan LAISA sering ada huruf BA men-jarkan khobarnya,
sedangkan setelah LAA dan NAFINYA KAANA jarang ada BA men-jarkan khobarnya
(contoh: A LAISA-ALLAHU BI AHKAMIL HAAKIMIIN
WA MAA ROBBUKA BI ZHOLLAAMIN-LIL ‘ABIID)
WA MAA ROBBUKA BI ZHOLLAAMIN-LIL ‘ABIID)
PENGAMALAN
LAA, LAATA DAN IN
في
النَّكِرَاتِ أعْمِلَنْ كَلَيْسَ لا وَقَدْ تَلِي لَاتَ وَإِنْ ذَا العَمَلَا
“LAA”
diamalkan seperti “LAISA” (merofa’kan isim & menashabkan khobarnya) pada
isim-isim nakirah. Terkadang “LAATA” dan “IN” juga mengikuti pengamalan ini.
وَمَا
لِلاَتَ فِي سِوَى حِيْنٍ عَمَلْ وَحَذْف ذِي الْرَّفْعِ فَشَا وَالْعَكْسُ قَل
Dan
tidaklah bagi “LAATA” itu beramal pada yg selain HIINA (isim zaman), membuang
isimnya sering terjadi, sebaliknya membungan khobarnya jarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar